Contoh Dan Cara Mem...
 
Notifications
Clear all
Contoh Dan Cara Membuat Surat Resign Yang Baik Dan Benar
Contoh Dan Cara Membuat Surat Resign Yang Baik Dan Benar
Group: Registered
Joined: May 14, 2022
New Member

About Me

Pernah merasa kurang berkembang, berada di lingkungan kerja yang buruk, hingga gaji yang tidak sepadan di tempat kerjamu saat ini? Mungkin hal tersebut pernah dirasakan semua orang, yang bekerja di sebuah perusahaan, hingga terbesit niat untuk mengundurkan diri. Nah, buat kamu yang berniat resign, yuk simak contoh beserta cara membuat surat resign yang baik dan benar, berikut ini. Sebelum membahas contoh dan cara membuat surat resign, kamu juga harus perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan resign. Pasalnya, hal tersebut sangat penting dilakukan agar kamu tidak dicap negatif oleh perusahaan tempatmu bekerja sekarang. Terkadang, masih banyak karyawan yang mengundurkan diri secara sembunyi-sembunyi, padahal hal tersebut adalah cara buat surat yang salah, karena bisa merusak nama baikmu di kantor lama. Agar kamu tak dicap negatif, maka bicarakanlah hal ini kepada bos dan juga HRD di kantormu. Pasalnya, bos merupakan orang yang bertanggung jawab langsung terkait bawahannya di perusahaan tersebut. Sehingga bos wajib tahu terkait keinginanmu untuk resign, hingga alasan dibaliknya. Di sisi lain, bos dan HRD juga jadi memiliki banyak waktu untuk mencari penggantimu, sebelum kamu resign.

Setelah isi formulir, pemohon akan memperoleh bukti pendaftaran dan nomor untuk pembayaran biaya SKCK online melalui Bank BRI atau melalui loket pembayaran di kantor polisi. Setelah mengisi seluruh syarat membuat SKCK dan mengunggah dokumen, maka pemohon akan menerima kode untuk biaya pembuatan SKCK. Kode tersebut digunakan untuk proses pembayaran sesuai biaya pembuatan SKCK. Biaya pembuatan SKCK WNI dikenakan tarif Rp 30.000 sedangkan pembuatan SKCK WNA akan dikenakan tarif Rp 60.000. Setelah melakukan pembayaran, pemohon akan mendapatkan kode registrasi yang kemudian harus dibawa ke kantor polisi untuk mengambil SKCK. Berikut tadi adalah syarat membuat SKCK. Jika Anda diterima masuk kerja, ada baiknya untuk merencanakan keuangan atau gaji Anda untuk masa mendatang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuka tabungan di CIMB Niaga. Di CIMB Niaga terdapat berbagai jenis tabungan yang bisa Anda pilih dengan berbagai keuntungan dan kemudahan, salah satunya adalah Goal Savers dari CIMB Niaga. Sebagai tabungan berjangka bersistem setoran rutin, siap membantu Anda wujudkan GOAL impian. Berbagai keuntungan dari membuka Goal Savers antara lain fleksibel dalam menentukan jangka waktu tabungan dan setoran rutin harian, mingguan, atau bulanan. Anda juga bisa memantau perkembangan Goal impian melalui OCTO Mobile & OCTO Clicks. Untuk informasi lebih lengkap mengenai beragam produk tabungan yang tersedia di CIMB Niaga Anda bisa memeriksanya di sini.

Salah satu dokumen yang sering dibutuhkan oleh karyawan adalah surat keterangan kerja. Surat ini merupakan bukti bahwa seseorang pernah atau sedang bekerja di suatu perusahaan. Biasanya, dokumen ini diterbitkan atau dikeluarkan perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja, dan ditulis oleh seseorang dengan wewenang untuk menerbitkan surat keterangan tersebut. Contohnya manajer yang mengepalai divisi yang sama tempat karyawan tersebut bekerja, atau bagian HRD. Mari kita simak lebih lanjut tentang pembahasan surat keterangan kerja. Apa Itu Surat Keterangan Kerja? Surat keterangan pengalaman kerja merupakan surat yang isinya menjelaskan informasi soal posisi, pekerjaan, serta konfirmasi atas posisi dan pekerjaan seorang karyawan di sebuah perusahaan. Tidak hanya sebagai bukti bahwa seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan, surat ini membantu menjelaskan secara detil tentang riwayat pekerjaan seseorang. Detail yang dimaksud seperti durasi bekerja, informasi gaji dan detail lainny. Meskipun biasanya digunakan untuk keperluan pribadi karyawan, surat keterangan kerja juga dibutuhkan sebagai data perusahaan. Umumnya, perusahaan membutuhkan surat keterangan ini sebagai salah satu dokumen yang dilampirkan pelamar sebagai bukti sejarah karir pelamar tersebut.

Tahapan ini menjadi langkah awal dalam mengurus pendaftaran surat keterangan usaha online. Setelah berhasil membuat username dan kata sandi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu login menggunakan username dan kata sandi tersebut. Saat melakukan login Anda akan diarahkan untuk mengurangi kode captcha yang ditampilkan pada laman tersebut. Jika Anda sudah berhasil login ke akun baru tersebut, selanjutnya pilihlah kualifikasi usaha yang sedang dijalankan di kolom perizinan usaha. Lalu kemudian Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, jadi jangan langsung berpindah ke aplikasi lain. Sebaiknya tunggu hingga muncul halaman baru, yang meminta Anda untuk mengisi beberapa informasi seputar data diri dan usaha yang Anda jalankan. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, selanjutnya klik pilihan di bagian paling bawah. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pada halaman selanjutnya akan muncul hasil akhir dari proses pembuatan surat keterangan usaha online tersebut. Nah, pada hasil akhir itulah yang bisa langsung Anda cetak dan siap digunakan untuk mengurus kepentingan yang lain. Pada dasarnya surat keterangan usaha merupakan sebuah dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha.

Pada umumnya surat yang dikeluarkan oleh lembaga/ instansi tertentu dan disahkan oleh pihak berwenang. Maka dari definisi tersebut surat keterangan tergolong ke dalam jenis surat resmi. Sebenarnya surat keterangan juga dapat dibuat oleh pribadi atau secara individu. Seperti surat keterangan pernah melakukan aktivitas tertentu, namun jarang sekali penggunaannya. Dalam pembuatannya surat keterangan menggunakan materai dengan nominal enam ribu. Baik surat keterangan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi maupun pribadi, keduanya menggunakan materai di kolom tanda tangan. Dari pengertian surat keterangan di atas dapat ditebak jika surat keterangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat keterangan biasa dan surat keterangan penting. Perbedaan keduanya terletak pada isi dan seberapa penting keterangan dalam surat tersebut dibuat. Kepentingan diukur dari dampak yang terjadi setelah surat itu dikeluarkan. Surat keterangan biasa memberikan dampak yang lebih luas dan serius, sedangkan surat keterangan penting memberikan dampak yang lebih sempit dalam artian dampaknya lebih detail. Surat keterangan sebagai karyawan, surat keterangan sebagai mahasiswa, ataupun surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kedudukan di sebuah lembaga/ instansi merupakan contoh surat keterangan biasa.

Location

Occupation

cara buat surat
Social Networks
Member Activity
0
Forum Posts
0
Topics
0
Questions
0
Answers
0
Question Comments
0
Liked
0
Received Likes
0/10
Rating
0
Blog Posts
0
Blog Comments
Share: